Senin, 16 September 2019

Sunnah Tarkiyyah

Meninggalkan sesuatu yang diperintahkan oleh Rosulullah ﷺ untuk ditinggalkan atau tidak ternukil dari beliau ﷺ dalam perkara agama ini diistilahkan dengan sunnah tarkiyyah.

Hal ini diriwayatkan oleh Ibnu Abbas rodhiyallahu 'anhuma:

أنه طاف مع معاوية بالبيت فجعل معاوية يستلم الأركان كلها فقال له ابن عباس لم تستلم هذين الركنين ولم يكن رسول الله ﷺ يستلمهما؟

“Bahwa ia thowaf di Ka'bah bersama Muawiyah dan ketika itu Muawiyah mengusap semua rukun Ka’bah, lantas Ibnu Abbas berkata kepadanya, “Mengapa engkau usap juga kedua rukun ini (rukun Syami & rukun Iroqi) sedangkan Rosulullah ﷺ tidak pernah mengusapnya?" 

فقال معاوية ليس شيئ من البيت مهجورا فقال ابن عباس ( لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة ) فقال معاوية صدقت!

Maka Muawiyah beralasan, “Tidak ada sesuatu pun dari baitullah ini yang patut ditinggalkan.” Maka Ibnu Abbas berkata, “Sungguh telah ada bagi kalian suri teladan yang baik pada diri Rosulullah.” Maka Muawiyah berkata, “Engkau telah benar!” 

(HR. Ahmad 1877 sanadnya dishohihkan Syaikh Al-'Allamah Ahmad Syakir)

Sehingga berdasarkan atsar ini Al-Imam Asy-Syafii (204 H) mengatakan, 

ولكنا نتبع السنة فعلا أو تركا

“Akan tetapi kewajiban kita adalah mengikuti sunnah Nabi ﷺ baik secara fi’liyyah (perbuatan) maupun tarkiyyah (meninggalkan).” 

(Fat-hul Bari 3/475)

Yakni apa yang dikerjakan oleh Rosulullah ﷺ maka diikuti, sedangkan apa yang beliau tinggalkan ﷺ maka tidak dikerjakan. 

Syaikh Al-'Allamah Muhammad Al-Wushobi berkata, 

Sunnah tarkiyyah ada dua macam,

ما أمر النبي ﷺ بتركه كالنياحة ومتابعة الكفار والجلوس على القبر وحمل المصحف إلى بلاد الكفار ، إلى غير ذلك من المنهيات الشرعية

1). Apa yang diperintahkan Nabi ﷺ meninggalkannya seperti niyahah (meratapi mayyit), mengikuti kebiasaan orang-orang kafir, duduk-duduk di atas kuburan, membawa mushaf ke negeri kuffar, dan selain itu dari perkara yang dilarang syariat.

ما تركه تعبدا كترك الآذان في صلاة العيد وترك التلفظ بالنية

2). Apa yang ditinggalkan Nabi ﷺ secara ta'abbudi (murni ibadah) seperti meninggalkan adzan dalam sholat 'Ied dan tidak melafalkan niat secara lisan. 

(Aysarusy Syuruh 'Alal Qoulil Mufid Fi Adillatit Tauhid hal. 58)

Namun, adakalanya Rosulullah ﷺ meninggalkan suatu amalan yang lebih utama karena ingin memberi kemudahan bagi umatnya dan tidak ingin memberatkan.

Maka dalam kondisi seperti itu mengerjakan amalan yang beliau tinggalkan hukumnya menjadi dianjurkan seperti puasa Dawud yang beliau katakan sebaik-baik puasa.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar