Senin, 28 Januari 2019

Benarkah Para Shohabat Dzikir Sambil Bergoyang?

Assalamu'alaikum ustadz apakah benar zikir sambil bergoyang dicontohkan oleh para sahabat Nabi? Disebutkan redaksinya seperti ini, "Mereka berdzikir kepada Allah tubuh mereka bergoyang seperti pohon saat ditiup angin"?

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Riwayat tersebut statusnya mauquf yaitu perkataan Ali bin Abi Tholib, dikeluarkan oleh Ibnu Abid Dunya dalam "At-Tahajjud wa Qiyamul Lail" nomor 202 dan Abu Nu'aim dalam "Hilyatul Auliya" 1/76.

Para Ulama ahli hadits mengatakan derajatnya dho'if (lemah) karena dalam sanadnya ada rowi yang majhul (misterius) yaitu Abu Arokah dan ada rowi yang lemah yaitu Muhammad bin Yazid. (Lihat "Silsilah Ash-Shohihah" 3/307-308). Bahkan ada rowi pendusta seorang syiah rofidhoh yaitu Amr bin Syamir Al-Ju'fi sehingga keabsahan penisbatan riwayat ini kepada Ali bin Abi Tholib rodhiyallahu 'anhu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Syaikh Al-'Allamah Bakr Abu Zaid mengingatkan, "Wajib atas oang-orang yang berdzikir kepada Allah, orang-orang yang berdoa, orang-orang yang menghapal Al-Qur'an, para pengampu madrosah dan tahfidzul Qur’an agar meninggalkan bid’ah bergoyang-goyang saat membaca. Hendaklah mereka didik anak-anak muslimin di atas sunnah (petunjuk) Nabi ﷺ dan dengan menjauhi bid’ah.” (Tash-hihud Du’a hal. 81)

Berdzikir kepada Allah termasuk amalan yang utama maka jangan menolong syaithon untuk merusak amalan yang utama itu dengan perbuatan berlebih-lebihan. Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu berkata, "Sederhana di atas sunnah jauh lebih baik ketimbang susah payah namun di atas bid'ah."

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar