Sabtu, 19 Maret 2016

Makna Al-'Allamah & Siapakah Sayyid Sabiq?

Apa yang dimaksud dengan Al-‘Allamah? Dan siapakah Sayyid Sabiq??

Jawab: Al-‘Allamah artinya orang yang sangat ‘alim atau pakar dalam ilmu syari'at. Al-'Allamah adalah gelar keilmuan yang menunjukkan penyandangnya seorang Ulama yang ilmunya seperti lautan. Sedangkan seseorang digelari Al-'Allamah jika telah mendapat pengakuan dari Al-'Allamah juga. Allah berfirman, "Maka bertanyalah kepada ahlinya, jika kalian tidak mengetahui."

Adapun Sayyid Sabiq beliau seorang ahli fiqh yang berasal dari Mesir rahmatullah 'alaih. Salah satu karya tulis beliau adalah kitab “Fiqhussunnah” yang mengulas permasalahan fiqh. Kitab ini direkomendasikan oleh Syaikh Al-Albani untuk dipelajari bagi kalangan pemula yang baru mengenal ilmu fiqh. Karena metode kitab Fiqhussunnah ini membimbing thalibul ‘ilmi untuk menempuh manhaj Salafusshalih yakni dengan  mengikuti dalil-dalil Al-Qur’an was Sunnah serta tidak fanatik kepada madzhab tertentu.

Kendati demikian, kitab Fiqhussunnah memiliki beberapa kekurangan yang telah dievaluasi oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah.

Pertama, banyak dari masalah-masalah yang penulis sebutkan Ulama berbeda pendapat padanya, namun beliau tidak menjelaskan mana pendapat yang benar atau yang lebih kuat dari perbedaan pendapat yang ada.

Kedua, banyak hadits-hadits yang dimuat dalam kitab tersebut belum ditahqiq (teliti) mengenai keabsahannya antara shahih dan dha’if. Dan Syaikh Al-Albani telah memberi ta’liq (catatan ilmiyyah) terhadap tiga juz pertama kitab Fiqhussunnah dalam karya tulis beliau yang berjudul, “Tamamul Minnah fit Ta'liq ‘ala Fiqhissunnah.”

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar