Minggu, 15 September 2019

Bahaya Menyelisihi Sunnah

Allah berfirman:

فليحذر الذين يخالفون عن أمره أن تصيبهم فتنة أو يصيبهم عذاب أليم

“Maka orang-orang yang menyelisihi perintahnya (Nabi ﷺ) hendaklah mereka takut akan ditimpa fitnah (syirik) atau azab yang pedih.” (An-Nur: 63)

Al-Hafidzh Ibnu Katsir Asy-Syafii menjelaskan:

أي : عن أمر رسول الله صلى الله عليه وسلم ، وهو سبيله ومنهاجه وطريقته وسنته وشريعته ، فتوزن الأقوال والأعمال بأقواله وأعماله ، فما وافق ذلك قبل ، وما خالفه فهو مردود على قائله وفاعله ، كائنا ما كان ، كما ثبت في الصحيحين وغيرهما ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال : من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد

"Maknanya, menyelisihi perintah Nabi ﷺ yakni jalan beliau, manhaj beliau, cara beragama beliau, sunnah beliau dan syariat beliau ﷺ. Maka semua ucapan dan perbuatan wajib ditimbang dengan ucapan dan perbuatan beliau ﷺ. Apabila sesuai dengan ucapan dan perbuatan beliau maka diterima, dan apabila menyelisihinya maka tertolak yakni ucapannya dan perbuatannya tidak diterima siapa pun orangnya. Sebagaimana telah shohih dari Nabi ﷺ dalam Ash-Shohihain dan lainnya, bahwa beliau bersabda, "Barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan (dalam berislam) yang tidak bersumber dari ajaran kami maka tertolak." (Tafsir Ibnu Katsir 3/308)

Orang-orang yang menyelisihi perintah Nabi ﷺ adalah orang-orang berpaling dari perintah beliau ﷺ, meninggalkan petunjuknya, lebih mengikuti kebiasaan masyarakatnya dalam beragama sehingga hatinya ditimpa fitnah menolak kebenaran. Sikap yang demikian itu akan menyeret pelakunya kepada kesyirikan meski dia merasa sedang di atas ketaatan.

Oleh karenanya, tatkala Sa’id bin Al-Musayyib (94 H) melihat ada orang yang mengerjakan sholat lebih dari dua rokaat setelah fajar dia panjangkan rukunya dan sujudnya maka beliau menegur orang tersebut, lalu orang itu beralasan:

يا أبا محمد يعذبني الله على الصلاة؟ قال : لا ولكن يعذبك على خلاف السنة

“Wahai Abu Muhammad (Sa’id), apakah Allah akan mengazabku lantaran sholat??” Maka beliau menjawab, “Tidak! Tetapi Allah akan mengazabmu karena engkau menyelisihi sunnah (petunjuk Nabi ﷺ)!” (Riwayat Ad-Darimi dalam Musnadnya 1/404)

Syaikh Al-'Allamah Al-Albani berkata, “Ini ucapan yang menakjubkan dari Sa’id bin Al-Musayyib. Atsar ini hujjah yang kuat atas ahli bid’ah yang sering menganggap baik bid'ah-bid’ah dengan alasan dzikir dan sholat (padahal caranya tidak sesuai petunjuk Nabi ﷺ)." Sanad riwayat ini dinilai shohih oleh beliau. (Irwa’ul Gholil 2/236)

Berhati-hatilah dari menyelisihi petunjuk Nabi ﷺ karena pelakunya berada dalam bahaya yang besar. Sedangkan keselamatan dan kemuliaan hanya dengan mutaba'ah yaitu mengikuti sunnah beliau ﷺ meski banyak orang yang meninggalkannya.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar