Sabtu, 22 Juni 2019

Syarat-Syarat Ijtihad

Ijtihad secara syariat artinya mencurahkan segala usaha untuk mencapai kepastian hukum syar’i. Adapun mujtahid adalah pelakunya yaitu orang yang mengerahkan segala kemampuannya dalam hal tersebut.

Ijtihad memiliki beberapa syarat di antaranya sebagai berikut:

أن يعلم من الأدلة الشرعية ما يحتاج إليه في اجتهاده كآيات الأحكام وأحاديثها. أن يعرف ما يتعلق بصحة الحديث وضعفه؛ كمعرفة الإسناد ورجاله، وغير ذلك. أن يعرف الناسخ والمنسوخ ومواقع الإجماع حتى لا يحكم بمنسوخ أو مخالف للإجماع! ، أن يعرف من الأدلة ما يختلف به الحكم من تخصيص، أو تقييد، أو نحوه حتى لا يحكم بما يخالف ذلك. أن يعرف من اللغة وأصول الفقه ما يتعلق بدلالات الألفاظ؛ كالعام والخاص والمطلق والمقيد والمجمل والمبين، ونحو ذلك؛ ليحكم بما تقتضيه تلك الدلالات. أن يكون عنده قدرة يتمكن بها من استنباط الأحكام من أدلتها. والاجتهاد قد يتجزأ فيكون في باب واحد من أبواب العلم، أو في مسألة من مسائله

(1). Memiliki pengetahuan tentang dalil-dalil syar’i yang dibutuhkan dalam ijtihadnya itu seperti ayat-ayat hukum dan hadits-haditsnya.

(2). Mengetahui segala sesuatu yang berkenaan dengan shohih atau dho’ifnya suatu hadits seperti pengenalannya terhadap sanad, rijal (para perowinya) dan selain itu.

(3). Mengetahui nasikh (ayat atau hadits yang menghapus) dan mansukh (ayat atau hadits yang dihapus) serta tempat-tempat terjadinya ijma’ sehingga ia tidak menghukumi dengan sesuatu yang mansukh atau menyelisihi ijma’.

(4). Mengetahui dalil-dalil yang diperselisihkan hukumnya dari takhshis (pengkhususan) ataupun taqyid (yang mengikat) atau semisalnya sehingga tidak menghukumi dengan sesuatu yang menyelisihi hal tersebut.

(5). Mengetahui bahasa Arab dan ushul fiqh yang berkaitan dengan penunjukkan-penunjukkan lafal, seperti ‘am (umum), khosh (khusus), mutlaq (mutlak), muqoyyad (terikat), mujmal (global), mubayyan (rinci) dan semisal itu sehingga menghukumi sesuai dengan apa yang ditunjukkan oleh lafal-lafal tersebut.

(6). Memiliki kemampuan dalam mengambil kesimpulan hukum berdasarkan dalil-dalilnya.

Perkara ijtihad ini terbagi-bagi, kadang terjadi pada satu bab dari bab-bab ilmu atau pada satu permasalahan dari berbagai masalah. (Al-Ushul min 'Ilmil Ushul hal. 86)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar