Sabtu, 15 Desember 2018

Sikap Ulama Syafiiyyah Terhadap Bid'ah & Kebiasaan Turun Temurun

Al-Baji menceritakan tentang Syaikhnya yaitu Al-'Izz Ibnu Abdissalam Asy-Syafii (660 H) yang menasehati sultan Najmuddin Ayyub:

يا أيوب ما حجتك عند الله إذا قال لك ألم أبوئ لك ملك مصر ثم تبيح الخمور؟

"Wahai Ayyub apa hujjahmu kelak di hadapan Allah ketika Dia berkata kepadamu, "Bukankah Aku telah memberikan kepadamu kerajaan Mesir tetapi engkau melegalkan khomr?" 

فقال: هل جرى هذا؟ فقال: نعم الحانة الفلانية يباع فيها الخمور وغيرها من المنكرات، وأنت تتقلب في نعمة هذه المملكة، يناديه كذلك بأعلى صوته والعساكر واقفون

Sultan berkata, "Apakah itu sudah terjadi?" Syaikh menjawab, "Sudah, kedai Fulan menjual khomr dan ada kemungkaran-kemungkaran lainnya sedang engkau bergelimang dengan kenikmatan kerajaan ini." Seraya berseru dengan suara yang lantang dan para pasukan sultan berdiri.

فقال: يا سيدي هذا أنا ما عملته، هذا من زمان أبي، فقال: أنت من الذين يقولون إِنَّا وَجَدْنَا آبَاءنَا عَلَى أُمَّةٍ [الزخرف: 22]، فرسم السلطان بإبطال تلك الحانة

Sultan berkata, "Wahai tuanku (yakni Syaikh), apa yang aku lakukan ini (dari kemungkaran itu) sudah ada sejak dulu dari jaman ayahku. Maka Syaikh berkata, "Engkau termasuk orang-orang yang berkata (menukil firman Allah), "Sesungguhnya kami telah mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama." (Az-Zukhruf: 22). Mendengar hal itu maka sultan memerintahkan untuk melenyapkan kedai khomr tersebut." (Thobaqot Asy-Syafiiyyah 8/211 - As-Subki)

Syaikh Syihabuddin Abu Syamah berkata tentang gurunya Al-Izz Ibnu Abdissalam yang lantang mengingkari bid'ah, "Beliau adalah orang yang paling berhak menjadi khothib dan imam, beliau menghapus banyak bid'ah yang biasa dilakukan para khothib di atas mimbar seperti mengetukkan pedang dan yang lainnya. Beliau juga menghapus sholat Roghoib dan sholat malam nishfu Sya'ban dan beliau melarangnya." (Idem 8/214)
____________________

Fikri Abul Hasan 

0 comments:

Posting Komentar