Selasa, 16 April 2019

Membela Agama Allah

Allah berfirman:

ياأيها الذين آمنوا إن تنصروا الله ينصركم ويثبت أقدامكم

“Wahai orang-orang yang beriman apabila kalian menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan mengokohkan kaki-kaki kalian.” (Muhammad: 7)

Syaikh Al-'Allamah As-Sa'di dalam tafsirnya menjelaskan:

هذا أمر منه تعالى للمؤمنين ، أن ينصروا الله بالقيام بدينه ، والدعوة إليه ، وجهاد أعدائه ، والقصد بذلك وجه الله ، فإنهم إذا فعلوا ذلك ، نصرهم الله وثبت أقدامهم

"Hal ini yang Allah perintahkan kepada orang-orang beriman agar mereka menolong Allah dengan cara menjalankan agama-Nya, mendakwahkannya dan jihad melawan musuh-musuhnya. Tujuan semua itu hanyalah untuk mengharap wajah Allah. Sungguh apabila mereka lakukan maka Allah akan menolong mereka dan mengokohkan kedudukan mereka." (Taisirul Karimirrohman hal. 785)

Membela agama Allah hanyalah dengan cara yang diridhoi Allah dan diajarkan oleh Rosul-Nya ﷺ yaitu bersabar mengikuti sunnah sebagaimana yang diamalkan para Salaf, berdakwah mengajak manusia di atas ilmu dan pemahaman yang benar, berjihad sesuai aturan syariat. Dan tujuan jihad bukan untuk mendirikan negara seperti yang disuarakan oleh kelompok-kelompok destruktif, akan tetapi dalam rangka meninggikan kalimat Allah sehingga keadilan tegak dan perdamaian terwujud meski melalui perang.

Adapun cara-cara alternatif yang menyelisihi petunjuk Nabi ﷺ maka semua itu tidak akan menambah kecuali semakin menjauhkan manusia dari pertolongan Allah sekalipun cara-cara tersebut berlabel Islam, bersimbol tauhid atau mengatasnamakan jihad fi sabilillah.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar