Selasa, 10 Juli 2018

Biografi Ali bin Abi Tholib

Ali bin Abi Tholib bin Abdil Muttholib bin Hasyim bin Abdi Manaf. Beliau adalah putera dari pamannya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan beliau suami dari junjungan seluruh wanita yaitu Fathimah binti Nabi shollallahu 'alaihi wasallam. Beliau juga sebagai ayah dari dua cucu Nabi shollallahu 'alaihi wasallam yaitu Al-Hasan dan Al-Husain. Ibunda beliau bernama Fathimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf. (Ma'rifatus Shohabah 1/278)

Ali adalah anak laki-laki pertama dari kalangan Bani Hasyim yang lahir dari wanita Bani Hasyim juga. Kunyah beliau Abul Hasan dan Nabi shollallahu 'alaihi wasallam memberi kunyah kepada beliau Abu Turob. Ali masuk Islam saat masih kecil, menurut pendapat yang masyhur saat itu beliau masih berusia delapan tahun. (Idem)

Isteri-Isteri Beliau

Ali menikahi Fathimah binti Rosulillah shollallahu 'alaihi wasallam, lalu menikahi Umamah binti Abil Ash setelah Fathimah wafat (ibunda Umamah adalah Zainab binti Rosulillah shollallahu 'alaihi wasallam). Kemudian menikah dengan Khoulah binti Ja'far bin Qois, Laila binti Mas'ud, Ummul Banin binti Hizam, Asma binti Umais, Ash-Shohba binti Robi'ah dan Ummu Sa'd binti Urwah.

Anak-Anak Beliau

Putera beliau antara lain Al-Hasan, Al-Husain, Muhammad Al-Akbar, Ubaidullah, Abu Bakr, Al-'Abbas Al-Akbar, Utsman, Ja'far Al-Akbar, Abdullah, Yahya, Aun, Umar Al-Akbar, Muhammad Al-Ausath, Muhammad Al-Akbar.

Puteri beliau antara lain Zainab Al-Kubro, Ummu Kultsum Al-Kubro, Ruqoyyah, Ummul Hasan, Romlah Al-Kubro, Ummu Hani', Maimunah, Zainab Ash-Shughro, Romlah Ash-Shughro, Ummu Kultsum Ash-Shughro, Fathimah, Umamah, Khodijah, Ummul Kirom, Ummu Salamah, Ummu Ja'far, Jumanah dan Nafisah.

Keutamaannya

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda ketika perang Khoibar:

لأعطين الراية رجلا يحب الله ورسوله ويحبه الله ورسوله

"Sungguh aku akan serahkan panji pasukan ini kepada seseorang yang mencintai Allah dan Rosul-Nya dan dicintai oleh Allah dan Rosul-Nya." (HR. Al-Bukhori 3702 dan Muslim 2405)

Beliau shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

لا يحبك إلا مؤمن ولا يبغضك إلا منافق

"Tidaklah mencintaimu melainkan dia seorang mukmin, dan tidaklah membencimu melainkan dia seorang munafik." (HR. Muslim 78)

Beliau shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

أنت مني بمنزلة هارون من موسى إلا أنه لا نبي بعدي

"Engkau bagiku bagaikan Harun bagi Musa, hanya saja tidak ada Nabi sepeninggalku." (HR. Al-Bukhori 3706 dan Muslim 2404)

Beliau shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

من كنت مولاه فعلي مولاه

"Barangsiapa yang menjadikan aku sebagai penolongnya maka Ali adalah penolongnya." (HR. Ahmad 5/350 sanadnya shohih)

Wafatnya

Ali bin Abi Tholib dibunuh oleh seseorang yang bernama Abdurrohman bin Mulji, dia seorang khoriji (berpemikiran Khowarij). Dia berhasil membunuh Ali ketika beliau sedang keluar untuk melaksanakan sholat shubuh. Dia membunuhnya dengan sebilah pisau yang telah dibubuhi racun selama seminggu. Dalam kondisi terluka akibat tikaman pisau, Ali berpesan kepada kedua puteranya yaitu Al-Hasan dan Al-Husain, "Jika aku sembuh maka akan kuperkarakan. Namun jika aku mati maka aku perintahkan kalian untuk membunuhnya." (Disarikan dari kitab "Hiqbah Minat Tarikh" - Syaikh Utsman Al-Khomis)

Sikap Ahlussunnah pertengahan terhadap Ali bin Abi Tholib yaitu mengakui keutamaan-keutamaan beliau tanpa mengultuskannya. Tidak seperti Syiah yang ghuluw (melampaui batas) dengan mengultuskan Ali bin Abi Tholib, dan tidak seperti Khowarij yang bermudah-mudahan mengkafirkan seorang Muslim.
___________

Fikri Abul Hasan




0 comments:

Posting Komentar