Selasa, 19 Januari 2016

Kalimat Dzikir yang Berputar Mengelilingi 'Arsy

Dari An-Nu'man bin Basyir berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إن مما تذكرون من جلال الله التسبيح والتكبير والتهليل والتحميد ينعطفن حول العرش لهن دوي كدوي النحل تذكر بصاحبها أما يحب أحدكم أن يكون له أو لا يزال له من يذكر بهِ


"Sungguh kalimat-kalimat dzikir yang kalian lafalkan dari keagungan Allah, bertasbih (Subhanallah), takbir (Allahu Akbar), bertahlil (Laa ilaha illallah), bertahmid (Alhamdulillah) akan berputar mengelilingi 'Arsy Allah. Kalimat-kalimat dzikir tersebut mengeluarkan suara seperti suara lebah menyebut-nyebut nama orang yang melafalkannya. Tidakkah seseorang di antara kalian suka bila ada dari amalannya yang senantiasa disebutkan di sisi Allah?" (HR. Ahmad 18362, 18388, Ibnu Majah 3809, Al-Hakim dalam "Al-Mustadrak" 1841 berkata, "Hadits ini sanadnya shahih meskipun tidak dikeluarkan oleh Al-Bukhari dan Muslim", Al-Mushannaf 29415, At-Thabrani dalam "Ad-Du'a" 1693, Silsilah Ash-Shahihah 3358)

Para Ulama menyampaikan, bahwa empat kalimat dzikir tersebut sangat utama karena terkandung padanya tanzih yaitu mensucikan Allah dari segala sifat-sifat yang mustahil bagi-Nya dan mensifati Allah sebagaimana yang Allah dan Rasul-Nya sifatkan atas-Nya. Pada kalimat tersebut juga terkandung pengagungan dengan mentauhidkan Allah serta meniadakan segala macam kesyirikan.

Semoga Allah memudahkan kita untuk senantiasa berdzikir kepada-Nya secara hati, lisan dan perbuatan, sehingga kita dikenal oleh Allah dengan kebaikan.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar