Kamis, 30 April 2020

Anjuran Memperbanyak Membaca Al-Qur'an di Bulan Romadhon

Hal yang ma'ruf dari para Salaf mereka banyak mengkhotamkan Al-Qur'an berulang kali pada bulan Romadhon lantaran keberkahan waktunya. Seperti yang dilakukan oleh Mujahid, Qotadah, Ibrohim An-Nakho'i, Asy-Syafii dan para Ulama lainnya.

Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin berkata:

ينبغي للإنسان في رمضان أن يكثر من قراءة القرآن كما كان ذلك سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقد كان عليه الصلاة والسلام يدارسه جبريل القرآن كل رمضان

"Sudah semestinya seseorang memperbanyak membaca Al-Qur'an pada bulan Romadhon sebagaimana hal tersebut merupakan sunnah Rosulullah ﷺ. Dahulu beliau mengulang kembali bacaan Qur'annya bersama malaikat Jibril setiap kali bulan Romadhon." (Majmu Fatawa 20/516)

Membaca Al-Qur'an termasuk ibadah. Satu huruf yang dibaca diganjar sepuluh kali lipat pahala meski orang yang membaca belum mengetahui artinya apalagi mentadabburinya.

Kendati demikian, semangat memperbanyak bacaan tidak berarti meninggalkan tadabbur. Karena mentadabburi Al-Qur'an dengan menghayati maknanya dan mempelajarinya hukumnya wajib dan ini tidak hanya dilakukan pada bulan Romadhon semata.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar