Minggu, 25 Agustus 2019

Rujuk Ulama di Masa Fitnah

Merujuk kepada para Ulama yang tsiqoh (terpercaya) manhajnya dan aqidahnya adalah keselamatan dari kesesatan dan penyimpangan di masa fitnah. Allah ta'ala berfirman:

وإذا جاءهم أمر من الأمن أو الخوف أذاعوا به ولو ردوه إلى الرسول وإلى أولي الأمر منهم لعلمه الذين يستنبطونه منهم ولولا فضل الله عليكم ورحمته لاتبعتم الشيطان إلا قليلا

"Dan apabila sampai kepada mereka berita tentang keamanan ataupun ketakutan lantas merekapun menyebarkannya. Andaikata berita itu mereka rujukkan kepada Rosul atau kepada Ulama di antara mereka, niscaya para Ulama itu akan mengambil kesimpulan hukum bagi mereka dari berita itu dan memberitahukan kepada mereka dengan kesimpulannya yang benar. Kalau bukan karena karunia dan rahmat Allah kepada kalian, tentulah kalian akan mengikuti syaithon kecuali segelintir saja." (An-Nisa': 83)

Syaikh Al-'Allamah As-Sa'di, "Para Ulama di antara mereka yakni para pakar, ahlul ilmi yang jujur dan berkompeten karena sesungguhnya mereka pihak yang paling mengerti dan mampu menimbang sisi maslahat dan mafsadah dengan pemahaman yang benar.” (Taisirul Karimirrohman fi Tafsiri Kalamil Mannan 1/190)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar