Jumat, 07 Juni 2019

Tidak Mengenal Allah Kecuali Bulan Romadhon?

Ustadz mohon dijelaskan, "Seburuk-buruk kaum adalah yang tidak mengenal Allah kecuali di bulan Romadhon" ini hadits Nabi atau bukan ya? Maknanya apa? Syukran jazakumullah khairan.

Jawab: Itu bukan hadits akan tetapi perkataan sebagian Salaf. Para Ulama sering menukil kalimat tersebut sebagai nasihat bagi kaum Muslimin. 

Syaikh Al-'Allamah Sholih Al-Fawzan hafidzhohullah berkata, "Sebagian Salaf ditanya tentang suatu kaum yang sungguh-sungguh beribadah di bulan Romadhon namun setelah Romadhon berlalu mereka kembali lagi kepada keburukannya, maka dijawab:

بئس القوم لا يعرفون الله إلا في رمضان

“Mereka adalah sejelek-jelek kaum yang tidak mengenal Alloh melainkan hanya di bulan Romadhon saja." (Majalis Syahri Romadhon Al-Mubarok wa Yalihi It-hafu Ahlil Iman hal. 250)

Maknanya di antara manusia ada yang ikut puasa, sholat tarowih dan ibadah lainnya di bulan Romadhon hanya formalitas saja. Bukan karena dorongan iman yang jujur serta ihtisab (mencari pahala). Perbuatan seperti ini dikatakan oleh para Ulama termasuk nifaq akbar sebagaimana riya'-nya orang-orang munafiq yang beribadah dengan niatan agar dilihat orang dan mencari pujian.

Ucapan Salaf tersebut juga bermakna mendorong kaum muslimin agar bertambah baik ketaatannya selepas bulan Romadhon, semakin berkualitas tauhidnya, semakin sabar dalam mengikuti sunnah, meski masih banyak kekurangan dan kelemahan.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar