Kamis, 21 Februari 2019

Mulai Chat Tulis Bismillah?

Assalamu'alaikum Ustadz apakah mengirim pesan lewat aplikasi atau chatting adabnya dimulai dengan mengucapkan bismillah?

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Disebutkan dalam kaidah fiqh, "Hukum terhadap sesuatu itu cabang dari gambaran permasalahannya."

Sebelum menghukumi sesuatu dipahami dulu permasalahannya dengan gambaran yang benar. Jika gambaran permasalahannya keliru maka kesimpulannya pun tidak tepat.

Contohnya chat gambaran hukumnya sama seperti obrolan hanya saja lewat jaringan internet. Chat berbeda dengan menulis surat seperti email yang disebut dengan surat elektronik. Maka mengobrol diawali dengan salam bukan tasmiyah. Sebelum mengobrol ketika berjumpa yang disyariatkan adalah mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum". Hal ini telah diingatkan Nabi ﷺ:

إذا لقي أحدكم أخاه فليسلم عليه فإن حالت بينهما شجرة أو جدار أو حجر ثم لقيه فليسلم عليه

"Apabila salah seorang di antara kalian berjumpa dengan saudaranya maka hendaklah ia ucapkan salam. Jika keduanya terhalang oleh pohon atau tembok atau batu lalu kembali berjumpa maka hendaklah ia ucapkan salam lagi kepadanya." (HR. Abu Dawud 5200 dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Adapun menulis tasmiyah (bismillah) atau basmalah (bismillahirrohmanirrohim) itu terkait penulisan yang penting sebagaimana yang dijelaskan oleh para Ulama seperti penulisan surat, kitab, email dan yang lain, wa billaahit tawfiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar