Senin, 27 Agustus 2018

Cara Mengobati Hati & Menjaganya

Assalamu'alaikum Ustadz, bagaimana cara mengobati hati yang berpenyakit? Hati yang masih dijangkiti syahwat hasad, ujub, kesombongan maupun syubhat kerancuan pemahaman dan bagaimana juga caranya agar hati terjaga dari penyakit-penyakit tersebut? Jazakumullah khairan atas waktu dan jawabannya.

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Mengobati hati yang berpenyakit adalah dengan menguatkan keimanan, keilmuan dan kesabaran. Karena penyakit hati berputar-putar antara syahwat dan syubhat. Syahwat hanya dapat dilawan dengan sabar, sedangkan syubhat hanya dapat dilawan dengan ilmu dan pemahaman yang benar. 

Maka orang yang kuat ilmu dan kuat kesabarannya merupakan bukti kuatnya keimanan di dalam hati. Inilah metode pengobatan hati yang diajarkan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah ta'ala:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

”Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an sesuatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al-Isro': 82)

Adapun kiat menjaga hati agar selamat dari penyakit-penyakitnya adalah dengan berdoa kepada Allah minta diberi kemantapan hati di atas agama-Nya, membaca dan mentadabburi Al-Qur'an, menuntut ilmu syar'i serta bergaul dengan orang-orang yang sholih. Apabila seseorang mendidik jiwanya dengan cara seperti ini maka hatinya akan terlatih dan selamat dari ancaman penyakit.
_____________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar