Rabu, 18 Juli 2018

Cara Terbaik Menyikapi Orang Jahil

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh. Ustadz bagaimana kita bisa santun dan ramah menghadapi orang jahil yang bodoh urusan agamanya?

Jawab: Wa'alaikumussalam warohamatullah wabarokatuh. Orang yang jahil (bodoh) diajari supaya dia mengerti. Para Ulama menasehatkan:

الجاهل يعلم والغافل يذكر

"Orang yang bodoh diajari, sedang orang yang lalai diberi peringatan."

Adapun perbuatan bodohnya itu maka jangan dihiraukan, jangan terpancing emosi, sikapi dengan sabar. Saudara harus sadar bahwa tidak ada maslahatnya meladeni kebodohan orang awam. Oleh sebab itu Allah mengingatkan:

"Hamba-hamba Allah adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan rendah hati. Apabila ada orang-orang bodoh mengajak mereka bicara, maka mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan.” (Al-Furqon: 63)

Perhatikan bagaimana reaksi Nabi shollallahu 'alaihi wasallam ketika menyikapi kebodohan orang Arab badui yang datang kepada beliau. Padahal beliau orang yang paling mulia namun tidak lepas dari kebodohan perbuatan sebagian umatnya. Beliau bersabar, bersikap tenang menghadapi kejahilan orang, dan membimbing para shohabatnya untuk menahan diri sehingga si Arab badui itu mengerti. 
_____________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar