Kamis, 14 Juni 2018

Membaca Surat Al-Ikhlas 3 Kali Seperti Mengkhotamkan Al-Qur'an?

Benarkah orang yang membaca surat al-ikhlas 3 kali sama seperti mengkhatamkan Al-Qur'an? Dan jika dibaca pada malam lailatul qadr sama seperti mengkhatamkan Al-Qur'an selama 84 tahun?

Jawab: Hadits yang menyebutkan keutamaan surat Al-Ikhlas setara dengan sepertiga Al-Qur'an dijelaskan oleh para Ulama bahwa maknanya Al-Qur'an mempunyai tiga kandungan utama pembahasan:

(1). Tauhid yaitu mengesakan Allah dalam hal uluhiyyah-Nya, rububiyyah-Nya, dan al-asma' was shifat.

(2). Akhbar yaitu berita-berita tentang akhirat, surga, neraka, kisah para Nabi, orang sholih, umat-umat terdahulu maupun kejadian yang akan datang.

(3). Ahkam yaitu hukum-hukum terkait perintah dan larangan.

Sedangkan surat Al-Ikhlas kandungannya tentang tauhid sehingga tidak benar jika dikatakan membaca surat Al-Ikhlas tiga kali sama seperti mengkhotamkan Al-Qur'an 30 juz. Apakah sama keadaanya orang yang membaca Al-Qur'an 30 juz dengan orang yang membaca surat Al-Ikhlas hanya tiga kali? Tentunya berbeda.

Berkaitan dengan hal ini para Ulama menyampaikan satu kaidah, "Sesuatu yang nilainya sama belum tentu dapat menggantikan." Maka membaca surat Al-Ikhlas tiga kali tidak dapat menggantikan amalan mengkhotamkan Qur'an, bahkan tidak dapat menggantikan kewajiban membaca surat Al-Fatihah dalam sholat.

Adapun jika membaca surat Al-Ikhlas pahalanya seperti pahala sepertiga Al-Qur'an maka sebagian Ulama ada yang berpendapat demikian karena agungnya kandungan surat Al-Ikhlas. Namun tidak berarti apabila dibaca tiga kali dapat pahala mengkhotamkan Al-Qur'an dengan sempurna.

Para Ulama mengatakan tidak dijumpai dari para Salaf mengamalkan baca surat Al-Ikhlas tiga kali agar memperoleh pahala khotam Qur'an. Karena yang dimaksud pengertian sepertiga adalah kandungannya, wa billaahit tawfiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar