Minggu, 21 Juni 2020

Siapa yang Mampu Melawan Bila Allah Menjadi Penolongnya?

Allah berfirman:

يا أيها الذين آمنوا إن تنصروا الله ينصركم ويثبت أقدامكم

“Wahai orang-orang yang beriman apabila kalian menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan mengokohkan kaki-kaki kalian.” (Muhammad: 7)

Al-'Allamah Abdurrohman bin Nashir As-Si'di menjelaskan:

هذا أمر منه تعالى للمؤمنين أن ينصروا الله بالقيام بدينه والدعوة إليه وجهاد أعدائه والقصد بذلك وجه الله فإنهم إذا فعلوا ذلك  نصرهم الله وثبت أقدامهم

"Ini perintah dari Allah ta'ala kepada hamba-hamba-Nya yang beriman agar mereka menolong Allah dengan cara menegakkan agama-Nya, mendakwahkannya dan berjihad melawan musuh-musuhnya. Tujuan semua itu hanyalah mengharap Wajah Allah semata. Sungguh jika mereka benar-benar menjalankannya kelak Allah akan menolong mereka dan mengokohkan kedudukan mereka." (Taisirul Karimirrohman hal. 785)

Syarat untuk medapatkan pertolongan Allah hanyalah dengan menolong agama-Nya yaitu menegakkan Islam dengan ilmu dan amal, mendakwahkannya dengan hikmah dan sabar, serta berjihad dengan jiwa dan harta. 

Semua itu dilakukan dengan niat yang tulus karena Allah bukan mencari keridhoan manusia serta bersabar mengikuti petunjuk Rosul-Nya ﷺ.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar