Selasa, 30 Juni 2020

Jangan Salah Mengambil Panutan..

Salah satu dari tiga landasan utama yang harus dipelajari oleh umat Islam dalam beragama adalah mengenal diri Nabi ﷺ. 

Bukan sekedar tahu nasab beliau ﷺ atau postur tubuh beliau ﷺ. Tetapi yang lebih penting dari itu adalah mengenal ajaran beliau ﷺ baik yang berhubungan dengan aqidah, ibadah, akhlaq dan muamalah.

Semakin baik pengenalan seseorang kepada Nabi ﷺ maka akan semakin besar kecintaannya kepada beliau ﷺ dan meneladani ajarannya.

Al-'Allamah Abdurrohman bin Nashir As-Si'di berkata, "Di antara jalan keimanan dan sebab-sebab kebaikannya adalah mengenal peri hidup Nabi ﷺ, mengetahui kemuliaan akhlaq beliau serta kesempurnaan sifat-sifatnya. 

Siapa saja yang mengenal beliau dengan sebenar-benarnya maka tidak akan ragu membenarkan apa yang beliau bawa dari Al-Qur'an was Sunnah serta agama yang benar. Allah ta'ala berfirman:

أم لم يعرفوا رسولهم فهم له منكرون

"Ataukah mereka tidak mengenal Rosul mereka (Muhammad) karena itu mereka mengingkarinya." (Al-Mu'minun: 69)

Maka dengan mengenal pribadi beliau ﷺ dan kedudukan beliau ﷺ setiap orang akan terdorong untuk berlomba-lomba menuju keimanan." (At-Taudhih wal Bayan hal. 29)

Seperti kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang", maka penting bagi para pembelajar untuk selalu mengkaji ajaran beliau ﷺ serta mengenalkannya kepada manusia agar tidak sekedar menjadikan beliau ﷺ sebagai idola tetapi mencintai beliau ﷺ sesuai petunjuk syariatnya. 

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar