Senin, 23 Desember 2019

Jangan Latah Mengikuti Kebiasaan Umat Lain (Peringatan Hari Ibu, Perayaan Tahun Baru, Perayaan Ulang Tahun & yang Lain)

Dari Ibnu Umar, Rosulullah ﷺ telah mengingatkan:

من تشبه بقوم فهو منهم

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari kaum itu." (HR. Ahmad dan Abu Dawud Syaikh Al-Albani berkata "Hasan Shohih" dalam "Shohih Abi Dawud" 3401)

Dari Abu Sa'id Al-Khudri, Rosulullah ﷺ juga mengingatkan: 

لتتبعن سنن من كان قبلكم شبرا بشبر وذراعا بذراع حتى لو دخلوا جحر ضب لاتبعتموهم  قلنا: يا رسول الله ، اليهود والنصارى؟ قال: فمن!

"Sungguh kalian benar-benar akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sampaipun jika mereka masuk ke lubang dhobb (kadal padang pasir) niscaya kalian akan mengikuti mereka.” Kami (para Shohabat) bertanya, “Wahai Rosulullah, apakah mereka itu Yahudi dan Nashoro?” Beliau menjawab, “Kalau bukan mereka siapa lagi!” (HR. Al-Bukhori 3269 dan Muslim 2669)

Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafii menjelaskan:

والمراد الموافقة في المعاصي والمخالفات لا في الكفر وفي هذا معجزة ظاهرة لرسول الله صلى الله عليه وسلم، فقد وقع ما أخبر به صلى الله عليه وسلم

"Dan yang dimaksud bahwa kaum Muslimin mencocoki mereka (orang-orang Yahudi dan Nashoro) dalam berbagai kemaksiatan dan penyimpangan; bukan dalam hal kekafiran. Hadits beliau ini merupakan mukjizat Rosulullah ﷺ yang nyata dan sungguh apa yang beliau ﷺ beritakan betul-betul telah terjadi.”  (Syarh Shohih Muslim 16/220)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar