Jumat, 22 Mei 2020

Bolehkah Berdoa "Alloohumma A'tiqni Minannar"?

Assalamu'alaikum, ustadz bolehkah berdoa dengan kalimat "Allahumma a'tiqni minannar? Mengingat ada sebagian Salaf yang tidak menyukainya?

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Ringkasnya diperbolehkan berdoa dengan kalimat Alloohumma a'tiqni minannaar (Ya Allah bebaskanlah aku dari api neraka) jika maksudnya minta diampuni dosanya dan dijauhkan dari api neraka. Alasannya sebagai berikut:

(1). Adanya hadits shohih yang menyebutkan pada bulan Romadhon ada 'utaqoo minannaar yaitu orang-orang yang dibebaskan dari api neraka yang bermakna diampuni dosa-dosanya.

(2). Nukilan dari sebagian Salaf yang tidak menyukai redaksi doa tersebut dibawa kepada makna apabila yang bersangkutan menyangka dirinya masuk neraka kemudian minta dibebaskan.

(3). Lebih utama berdoa dengan redaksi yang diajarkan Nabi ﷺ di bulan Romadhon seperti, "Alloohumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni" (Ya Allah sesungguhnya engkau Maha Pemaaf Engkau senang memaafkan hamba-Mu maka berilah pemaafan kepadaku), atau berdoa dengan kalimat, "Alloohumma inni a'uudzubika min adzaabin naar" (Ya Allah sungguh aku berlindung kepada Engkau dari azab neraka).

(4). Adanya sebagian Ulama yang berpendapat bolehnya berdoa dengan kalimat tersebut antara lain Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin.

(5). Berlapang dada dan jangan menjadi sebab percekcokan lantaran berbeda pandangan karena masalah ini bukan hal prinsip.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar