Rabu, 30 Januari 2019

Jalan yang Benar dalam Berislam

Syaikh Al-'Allamah Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i:

فالطريق الصحيح للإسلام هي طريقة السلف ، الذين يعبدون الله على بصيرة ، ليس فيها جدل المعتزلة ، ولا غلو الشيعة والصوفية ، بل كتاب وسنة 

"Jalan yang benar dalam berislam hanyalah dengan mengikuti jalannya Salaf, mereka beribadah kepada Allah di atas ilmu dan pemahaman yang benar, tidak ada di dalamnya debat ala Mu'tazilah, tidak pula sikap ghuluw (melampaui batas) ala Syiah dan Shufi. Jalan Salaf mengajak kepada kitabullah dan sunnah Rosul-Nya. Allah berfirman:

اتبعوا ما أنزل إليكم من ربكم ولا تتبعوا من دونه أولياء قليلا ما تذكرون

"Ikutilah wahyu yang telah diturunkan kepada kalian dari Robb kalian. Dan janganlah kalian mengikuti pelindung-pelindung selain Allah, amat sedikit apa yang kalian ingat." (Tuhfatul Mujib hal. 222)

Islam yang hakiki adalah Islamnya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan para shohabat. Tidak ada cara yang benar dalam berislam selain cara yang diajarkan Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan para shohabat. Inilah yang dimaksud dengan jalannya Salaf.

Siapa saja yang menyelisihi jalannya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan para shohabat; baik dalam hal aqidah, ibadah, muamalah; maka dia telah mengikuti pelindung-pelindung selain Allah dan dia telah salah jalan meski diikuti banyak orang.
_______________________________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar